Remaja

0
946

Pengertian Remaja Menurut Para Ahli

Remaja? Mungkin sering kita mendengar tentang kata tersebut. Biasanya sebagai sebutan bagi anak-anak yang mulai tumbuh dewasa setelah melewati masa anak atau mungkin yang telah merasakan perasaan kepada lawan jenisnya. Cerita tentang sosok remaja memang tiada habisnya untuk dibahas, karena memang begitu banyak kisahnya dan selalu menarik untuk dibahas atau diperbincangkan. Namun, apakah dari kita tahu akan pengertian remaja?

Remaja memiliki banyak pengertian dan mungkin dari kita mempunyai pengertian yang beraneka ragam mengenai hal tersebut. Di bawah ini dijelaskan pengertian remaja menurut para ahli di antaranya:

  1. Sri Rumini & Siti Sundari (2004: 5), masa remaja adalah peralihan dari masa anak dengan masa dewasa yang mengalami perkembangan semua aspek/fungsi untuk memasuki masa dewasa. (http://belajarpsikologi.com/pengertian-remaja/)
  2. Zakiah Drajat, bahwa remaja diartikan sebagai masa perkembangan transisi antara masa anak dan masa dewasa yang mencakup perubahan biologis, kognitif, dan sosial emosional. (https://www.dosenpendidikan.com/7-pengertian-remaja-menurut-para-ahli-secara-lengkap/)
  3. Calon dalam Monks, dkk: 1994 bahwa masa remaja menunjukkan dengan jelas sifat transisi atau peralihan karena remaja belum memperoleh status dewasa dan tidak lagi memiliki status anak. (http://belajarpsikologi.com/pengertian-remaja/)

Dari beberapa pengertian remaja menurut beberapa ahli di atas, dapat ditarik simpulan bahwa masa remaja adalah masa yang menunjukkan dengan jelas sifat transisi atau peralihan antara masa anak dan masa dewasa yang ditandai dengan perubahan biologis, kognitif, dan sosial emosional serta mengalami perkembangan semua aspek/fungsi untuk memasuki masa dewasa.

Remaja atau pemuda menentukan bagaimana masa depan bangsa, di tangan merekalah masa depan bangsa ini dipertaruhkan. Untuk membangun atau menghancurkan suatu bangsa, cukuplah melalui pintu pemuda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.