Pengertian Paradigma Penelitian

0
1351

Pengertian Paradigma Penelitian

Topik terkait dengan paradigma penelitian merupakan suatu hal yang cukup menarik untuk dibahas. Hal ini dikarenakan paradigma penelitian memiliki keterkaitan yang erat dengan pembuatan sebuah penelitian ilmiah dalam tema/subjek apapun1.

Paradigma penelitian merupakan kerangka berpikir yang menjelaskan bagaimana cara pandang peneliti terhadap fakta kehidupan sosial dan perlakuan peneliti ilmu atau teori. Paradigma penelitian juga menjelaskan bagaimana peneliti memahami sebuah masalah, serta kriteria pengujian sebagai landasan untuk menjawab masalah penelitian (Guba & Lincoln, 1998: 89-115)2.

Dalam penelitian kuantitatif/positivistik, yang dilandasi pada suatu asumsi bahwa suatu gejala itu dapat diklasifikasikan, dan hubungan gejala bersifat klausal (sebab akibat), maka peneliti dapat melakukan penelitian dengan memfokuskan kepada beberapa variabel saja. Pola hubungan antara variabel yang akan diteliti tersebut selanjutnya disebut sebagai paradigm penelitian atau model penelitian3.

Jadi paradigma penelitian dalam hal ini diartikan sebagai pola pikir yang menunjukkan hubungan antara variabel yang akan diteliti yang sekaligus mencerminkan jenis dan jumlah rumusan masalah yang perlu dijawab melalui penelitian, teori yang digunakan untuk merumuskan hipotesis, jenis dan jumlah hipotesis, dan teknik analisis statistic yang akan digunakan3.

Referensi:

1). https://pakarkomunikasi.com/paradigma-penelitian-kuantitatif  

2). https://tipsserbaserbi.blogspot.com/2014/10/pengertian-metode-tujuan-dan-paradigma.html

3). Sugiyono. 2010. Statistika untuk Penelitian. Bandung: CV ALFABETA.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.