TAHUKAH KAMU? PENGERTIAN PENELITIAN

0
835

Pengertian Penelitian

Penelitian sering kali digunakan untuk membuktikan kebenaran suatu hal, mengetahui hal-hal yang belum diketahui, inovasi perihal yang telah ditemukan, dan masih banyak lagi. Setelah penelitian, biasanya peneliti akan mempublikasikan hasil dari yang dia teliti ke khalayak umum agar mendapatkan pengakuan bahwa apa yang telah diteliti merupakan hal yang benar dan disepakati bersama. Pastinya terbayang dibenak kita semua, apakah penelitian itu? Berikut pengertian penelitian menurut beberapa ahli, di antaranya:

  1. Sugiyono mengatakan bahwa penelitian merupakan cara ilmiah untuk untuk mendapatkan data dengan tujuan dan kegunaan tertentu. Pengertian tersebut terdapat 4 hal yang perlu dipahami lebih lanjut, yaitu: cara ilmiah, data, tujuan, dan kegunaan. (1)
  2. Penelitian merupakan cara ilmiah, berarti penelitian didasarkan pada ciri-ciri keilmuan, rasional, empiris, dan sistematis,
  3. Data yang diperoleh melalui penelitian mempunyai kriteria tertentu, yaitu valid, reliabel, dan obyektif,
  4. Secara umum tujuan penelitian meliputi 3 macam, yaitu penemuan, pembuktian, dan pengembangan,
  5. Secara umum data yang diperoleh dari penelitian dapat digunakan untuk memahami, memecahkan, dan mengantisipasi masalah dalam kehidupan manusia.
  6. Soerjono Soekanto mengatakan bahwa penelitian merupakan suatu kegiatan ilmiah yang didasarkan pada analisis dan konstruksi yang dilakukan secara sistematis, metodologis dan konsisten dan bertujuan untuk mengungkapkan kebenaran sebagai salah satu manifestasi keinginan manusia untuk mengetahui apa yang sedang dihadapinya. (2)
  7. Sanapiah Faisal mengatakan bahwa penelitian merupakan suatu aktivitas dalam menelaah suatu problem dengan menggunakan metode ilmiah secara tertata dan sistematis untuk menemukan pengetahuan baru yang dapat diandalkan kebenarannya mengenai dunia alam dan dunia sosial. (2)
  8. Setrisno Hadi mengatakan bahwa penelitian ialah usaha dalam menemukan segala sesuatu untuk mengisi kekosongan atau kekurangan yang ada, menggali lebih dalam apa yang telah ada, mengembangkan dan memperluas, serta menguji kebenaran dari apa yang telah ada namun kebenarannya masih diragukan. (2)
  9. Donald Ary mengatakan bahwa penelitian merupakan penerapan dari pendekatan ilmiah pada suatu pengkajian masalah dalam memperoleh informasi yang berguna dan hasil yang dapat dipertanggungjawabkan. (2)

Berdasarkan pendapat beberapa ahli di atas, maka dapat ditarik simpulan bahwa penelitian adalah suatu kegiatan yang menggunakan cara-cara ilmiah untuk mendapatkan data dalam menelaah masalaha atau problem yang dilakukan secara sistematis, metodologis, dan konsisten dengan tujuan untuk mengungkapkan kebenaran, menemukan pengetahuan baru yang dapat diandalkan kebenarannya, menguji kebenaran dari apa yang telah ada namun diragukan kebenarannya, dan hasil dari penelitian dapat dipertanggungjawabkan.

 

 

 

Referensi:

  1. 2010. Statistika untuk Penelitian. Bandung: CV ALFABETA.
  2. https://metodepenelitianhlw134a09.wordpress.com/2016/03/30/12-pengertian-penelitian-menurut-para-ahli-lengkap/ (diakses 05 Desember 2018)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.