Adab & Ilmu

0
2073

              Adab dan ilmu, jika kita ditanya di antara dua hal tersebut manakah yang paling penting, bagaimanakah jawabannya? Tentunya kita menjawab bahwa dua-duanya sama penting antara adab dan ilmu, namun perlu kita tambahkan bahwa mempelajari adab dahulu itu lebih baik. Zaman sekarang ini, banyak yang melupakan peranan adab, banyak orang lebih terfokus bagaimanakah mempelajari ilmu di sekolah-sekolah dari level dasar hingga tinggi, namun jarang untuk mempelajari dan mempraktekkan adab yang baik menurut agama bahkan lebih parah lagi zaman sekarang ini, adat istiadat sukunya dia tidak tahu, karena terfokus menyelesaikan belajar di bangku sekolah dan mencari pekerjaan yang sesuai atau untuk menggapai cita-cita yang diinginkannya.

                Hasilnya dapat kita lihat sendiri jika peranan adab dilupakan. Banyak ditemukan baik disekitar kita maupun tidak, orang-orang yang pandai pendidikan dan tinggi jabatannya, namun adab mereka jauh dari kata baik. Memperlakukan orang lain seenaknya sendiri, berbicara tidak mengindahkan kaidah sopan santun baik kesukuan maupun norma masyarakat sekitar, dan hal-hal lainnya yang dapat kita lihat dan bahkan rasakan sendiri. Mereka memang mempunyai keilmuan, tetapi tidak untuk yang lain karena focus pada obsesi atau ambisi individu belaka.

                Alangkah kita menelisik sejarah tentang tokoh-tokoh negeri ini, dimana mereka bukan hanya seorang yang pandai, hebat, disegani kawan maupun lawan, dan mereka juga memiliki adab yang mulia sesuai dengan agama, suku, dan norma masyarakat, serta rata-rata dari para tokoh-tokoh negeri pada masa lampau memiliki kemualiaan adab dan ilmu.

                Agama Islam menekankan agar mempelajari adab dahulu baru ilmu, itu memang banyak manfaatnya dan salah satu negara yang konsisten sampai saat ini mempraktikkan akan hal tersebut adalah Jepang atau Negeri Sakura atau Negeri Matahari Terbit. Padahal di Jepang itu mayoritas penduduknya bukan beragama Islam, namun ternyata ajaran Islam itu membawa rahmat bagi seluruh alam atau islam rahamatan lil ‘alamin. Jika negara kita, yaitu Indonesia yang merupakan negara dengan penduduk yang beragama Islam terbesar di dunia, menerapkan agama Islam secara utuh atau kaffah, bukan tidak mungkin yang mempin dunia adalah negara Indonesia mengembalikan kejayaan Islam seperti zaman dahulu.      

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.