3 Macam Perkara Sabar

0
955

Perkara Sabar

Pada bab sebelumnya, telah kita bahas mengenai “Pengertian Sabar” atau jika belum membaca artikel akan hal tersebut, bisa untuk membuka tautan berikut ini terlebih dahulu (https://cecakit.com/blog/2018/12/04/pengertian-sabar/)

Pada kesempatan kali ini, akan dipaparkan masih mengenai sabar, namun dalam hal ini adalah macam-macam perkara dalam sabar, yaitu:

  1. sabar dalam menaati perintah Allah,

Cukup banyak perintah-perintah Allah yang harus kita laksanakan, yang itu semua menuntut kita untuk memiliki kesabaran dalam melaksanakannya. Dan perlu diketahui bahwa ketaatan merupakan sebuah ujian bagi jiwa seseorang. Terkadang melakukan ketaatan itu berat bagi badan kita yang membuat sering muncul rasa malas dan lelah (capek). Jadi, ketaatan itu menimbulkan perasaan yang berat bagi jiwa dan badan seseorang. Oleh karena itulah, kita membutuhkan rasa kesabaran dalam diri kita ini agar bisa untuk menjalankan perintah Allah yang telah diajarkan melalui Rasul-Nya.

  1. sabar untuk meninggalkan maksiat, dan

Keinginan hawa nafsu dan tipuan dari setan sering kali menjerumuskan seorang hamba ke dalam kemaksiatan. Untuk itulah, kita perlu memiliki kesabaran untuk melawan hal tersebut.

  1. sabar dalam menghadapi takdir Allah.

Manusia seyogyanya merupakan ciptaan Allah, tentu akan mendapatkan berbagai macam cobaan dalam hidup yang membuat jiwanya terasa berat dan tidak menyukai hal tersebut. Allah menimpakan sakit atau musibah kadangkala bukan kepada kita langsung, namun bisa kepada orang-orang yang kita sayangi. Termasuk dalam hal ini adalah juga sabar dalam menghadai berbagai macam keadaan yang menimpa diri kita.

Jika tidak ada kesabaran pada diri kita, bisa jadi dalam menghadapi berbagai macam cobaan, kita malah menggunakan hawa nafsu yang berakibat semakin berat dalam menjalaninya.

 

 

 

 

 

Referensi:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.