Kupas Tuntas Blog #2

0
1441

Sejarah Blog

Pada pembahasan yang lalu mengenai blog, telah ditulis mengenai pengertian blog dari beberapa sumber. Blog adalah singkatan dari website log (weblog). Website atau situs web adalah halaman di internet yang berisi informasi berupa tulisan, gambar, audio, video, atau link. Log artinya catatan atau buku harian. Kamus Merriam-Webster menyebutkan, salah satu pengertian log adalah “a record of performance, events, or day-to-day activities” (catatan penampilan, acara, atau aktivitas sehari-hari). Disini dalam artikel yang masih membahas mengenai blog, akan dibahas mengenai tentang sejarah blog.

Kita telah mengetahui tentang pengertian atau definisi mengenai blog, namun kita jangan melupakan “bagaimana blog bisa ada?” atau sejarah perjalanan mengenai blog. Jika mengetahui mengenai asal mula blog akan memudahkan kita agar lebih mengembangkannya lagi. Berikut sejarah perjalanan blog:

Tahun 1994

Kehadiran blog di awali pada Januari 1994, mahasiswa asal Amerika Serikat bernama Justin Hall membuat “buku harian online” (online diary) pertama di dunia. Yang menjadikan dirinya sebagai blogger pertama di dunia dan blognya menjadi blog pertama di dunia.

Tahun 1997

Desember 1997, Justin Hall tidak menamakan “buku harian online” atau halama web miliknya sebagai blog, dikarenakan istilah yang menandai nama blog baru muncul tahun 1997. Istilah tersebut adalah “weblog” yang merupakan singkatan dari “logging the web” yang dicetuskan oleh online diarits atau blogger Amerika yang bernama Jorn Barger.

 

April, Tahun 1999

Penggunaan istilah “blog” yang merupakan singkatan dari “weblog” diperkenalkan oleh seorang programmer bernama Peter Merholz pada April 1999.

 

Agustus, Tahun 1999

Pada Agustus 1999, blog semakin populer dengan munculnya platform blog, seperti: Blogger, Open Diary, dan Live Journal.

 

Januari, Tahun 2000

Boing Boing adalah sebuah situs website, pertama kali didirikan sebagai zine pada tahun 1988, kemudian berubah menjadi blog grup. Mengambil topik dan tema umum, seperti: teknologi, futuristik, fiksi ilmiah, dan lain-lain.

 

Juli, Tahun 2000

Andrew Sullivan meluncurkan blog politik pertama di dunia, yang tentunya membahas mengenai dunia perpolitikan. Penulis Amerika asal Inggris tersebut dikenal sebagai pelopor blog politik (a pioneer of the political blog).

 

Februari, Tahun 2002

Ada sebuah kejadian menarik pada bulan februari tahun 2002, Heather Armstrong dipecat setelah membahas pekerjaannya di blog pribadinya, ini merupakan sebuah pembelajaran juga bagi kita untuk memilah-milah apa yang akan diposting di blog.

 

Agustus, Tahun 2002

Nick Denton meluncurkan Gizmodo, pertama kali yang akan menjadikannya kerajaan blog, serta blogads diluncurkan, yang juga pertama kali menjadi broker dari periklanan blog.

 

Juni 2003

Google merilis AdSense atau Google AdSende yang kini menjadi sumber utama pendapatan para blogger dan situs berita.

 

Periode Pertumbuhan

Periode perkembangan blog (The Growth Period) di mulai awal tahun 2000. Saat platform blog muncul pertama kali tahun 1999, hanya ada 23 blog di internet. Pada pertengahan 2006, tercatat 50 juta blog di Technorati. Jumlah blog di dunia saat ini, diperkirakan mencapai 500 juta blog di dunia menurut data yang dikutip MediaKix.

Blog politik merupakan blog kampanye, proganda, atau pencitraan untuk pemilu menjadi paling populer di awal perkembangan blogging. Beberapa kandidat pejabat politik mulai menggunakan blog.

Saat ini, kebanyakan blogger memilih topik tentang blogging, yakni “meta blogs” (blog tentang blogging).

Audioblogger, blogger yang mengisi blognya dengan audio/musik atau podcasting pertama kali ditemukan pada tahun 2003. Blog video (vlog) pertama kali di mulai tahun 2004, lebih dari setahun sebelum YouTube ditemukan.

Demikian beberapa tulisan mengenai sejarah singkat dari blog dan semoga bermanfaat untuk kedepannya.

 

 

 

Referensi:

https://romeltea.com/sejarah-blog-blogging-blogger/

http://nymag.com/news/media/15971/

https://www.webdesignerdepot.com/2011/03/a-brief-history-of-blogging/

https://brandswithfansblog.fandommarketing.com/history-of-blogging-timeline/

https://www.techwyse.com/blog/content-marketing/history-of-blogging/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.