5 Cara Memaksimalkan Manfaat Membaca Buku

0
1254

Memaksimalkan Manfaat Membaca

Membaca buku, penting sekali bagi kita untuk menambah wawasan mengenai sesuatu hal yang tidak kita ketahui dan melalui bukulah peradaban suatu bangsa ditulis dalam sebuah pena yang diwariskan dari generasi ke generasi. Perlu untuk diketahui oleh kita semua, bahwa untuk menghancurkan suatu bangsa dan peradaban cukuplah dengan menghancurkan buku, maka pastilah bangsa itu dan peradabannya akan hancur dan musnah (Milan Kundera/penulis asa Ceko).

Buku merupakan indikator suatu negara dikategorikan maju atau tidak melaui jumlah buku yang diterbitkan dan minat baca dari rakyat suatu negara tersebut. Semakin tinggi minat baca penduduk suatu negara, maka semakin maju juga negara tersebut, dan sebaliknya.

Begitu banyak jika harus dijelaskan tentang manfaat dan pentingnya kegiatan membaca. Oleh karena itu, agar kegiatan membaca yang kita lakukan bermanfaat lebih, maka perlu cara memaksimalkan manfaat kegiatan membaca sebagai berikut:

  1. Bacalah buku sampai habis dan menyeluruh,

Saat membaca sebuah buku kadang kita tidak selesai membaca sampai halaman terakhir, mungkin kita hanya sampai pertengahan buku atau hanya beberapa lembar yang ada di halama depan saja. Akibatnya tidak jarang dari kita, tidak memahami apa yang ditulis oleh penulis secara utuh.

Aktivitas membaca memang kegiatan positif, namun bila kita tidak memahami secara utuh tentang maksud penulis berakibat kepada pemahaman kita akan suatu hal mengenai buku yang kita baca.

  1. Tulislah intisari atau pokok bahasan dalam buku,

Kegiatan menulis intisari yang terdapat dalam buku bermanfaat untuk meningkatkan pemahaman mengenai buku yang telah kita baca. Membaca tidak dapat dipisahkan dengan kegiatan menulis, karena seorang penulis harus sering untuk membaca agar menambah kosakata, serta seorang pembaca pastinya memerlukan tulisan untuk dibaca.

  1. Cobalah mengulas buku yang telah dibaca,

Kegiatan mengulas atau menceritakan mengenai buku yang telah dibaca, banyak manfaatnya selain menambah pemahaman mengenai buku tersebut adalah bisa juga mendatangkan sisi finansial jika kita membuat resensi terkai buku yang telah kita baca.

  1. Diskusikan buku yang telah dibaca,

Mendiskusikan perihal buku yang telah dibaca, membuat pemikiran kita mengenai suatu permasalahan akan lebih bijak dan luas dalam hal pemahaman.

  1. Berbagilah ilmu dengan yang lain.

Berbagi tidak akan membuat ilmu kita kurang, namun sebaliknya semakin menambah ilmu kita terkait dengan hal-hal yang baru sedikit kita pahami.

 

 

 

Referensi lain:

https://www.membacacepat.com/artikel/manfaat-membaca-buku/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.