5 Tips Agar Suka Membaca

0
1404

Tips Agar Suka Membaca

Membaca merupakan kegiatan yang positif untuk menambah pengetahuan kita tentang hal-hal yang baru dan wawasan kita akan dunia ini. Terkadang saat kita sudah semangat-semangatnya ingin membaca buku, kita saat dihadapkan dengan buku bacaan malah tidak jadi untuk membacanya, apalagi untuk menyelesaikan sampai tuntas membaca buku tersebut.

Membaca merupakan sebuah nutrisi atau makanan bagi otak kita. Tubuh kita memerlukan sumber energi dari makanan yang kita makan, sedangkan otak untuk nutrisi utamanya adalah informasi-informasi yang masuk ke otak. Salah satunya melalui kegiatan membaca.

Banyak dari kita bisa untuk gemar membaca, namun karena beberapa hal kita belum gemar akan hal ini. Oleh karena itu, disini ada 5 tips yang bisa dilakukan oleh pembaca agar menyukai atau mengemari kegiatan membaca:

  1. cobalah untuk membaca;

Langkah awal ini adalah dengan mencoba membaca buku, karena bagi yang tidak suka membaca saat pertama kali diminta membaca akan ada perasaan seperti malas, membosankan, tidak mengasyikkan, dan lain-lain. Oleh karena itu, cobalah untuk membaca buku. Jika kita tidak mencoba membaca buku, kita tidak akan mengetahui bagaimanakah asyiknya membaca.

  1. bacalah buku sesuai yang kamu minati;

Setelah mencoba untuk membaca, carilah buku yang kamu ingin baca. Membaca buku yang kamu minati atau ingin kamu baca akan memudahkan untuk membiasakan kegiatan membacamu. Jika kita ada perasaan ingin, pastinya akan menambah motivasi untuk gemar membaca.

  1. membawa buku kemanapun;

Dengan membawa buku kemanapun kita berada, menjadikan kegiatan membaca bisa dilakukan di berbagai tempat. Terutama saat ada kekosongan waktu dalam kegiatan kita, bisa di isi dengan kegiatan membaca selain bermanfaat, namun juga mengasyikan.

  1. konsisten membaca buku;

Inilah yang sering kita lupakan atau anggap remeh, namun penting juga. Bukan hanya untuk kegiatan membaca, namun juga kegiatan lainnya, yaitu konsisten atau jika seorang muslim sering menggunakan istilah istiqomah atau berlanjut untuk segala aktivitasnya.

  1. menciptakan kebiasaan membaca.

Akhir dari langkah-langkah di atas adalah dengan kita menciptakan kebiasaan untuk membaca agar kita terbudaya dalam kegiatan membaca dan menjadikan kegiatan membaca sebagai kebutuhan kita. Kegiatan membaca jika sudah terbudaya atau menjadi kebiasaan maka saat kita tidak membaca maka akan muncul perasaan seperti ada yang kurang dalam diri kita.

Demikian yang bisa di tulis dalam artikel ini terkait dengan 5 tips agar suka membaca. Marilah kita gemar untuk membaca karena begitu besar manfaatnya bagi diri kita, awalilah dengan diri kita agar menjadi contoh bagi orang lain.

 

 

 

Referensi lain:

https://ibnudin.net/cara-suka-membaca-buku-dari-pengalaman/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.