Mengaktifkan Perintah SSH di Terminal Windows 10

0
4356

Mengaktifkan Perintah SSH di Terminal Windows 10. Kabar gembira untuk kalian pengguna terminal windows yang mengiginkan fitur SSH seperti pada terminal linux, karena fitur SSH sekarang dimungkinkan dijalankan pada CMD terminal windows.

Mengaktifkan Perintah SSH di Terminal Windows 10

Microsoft sendiri telah memberikan pengumuman kabar baik tersebut dengan mengintegrasikan OpenSSH client pada Windows pada awal 2015 lalu. Namun walupun telah mendukung SSH client, versi SSH tersebut masih dalam pengembangan

Untuk bisa menggunakan fitur SSH client yang terintegrasi pada terminal windows – CMD kalian harus terlebih dahulu mengaktifkan fitur tersebut secara manual pada Windows Features.

Mengaktifkan Perintah SSH di Terminal Windows 10

Untuk mulai memasang SSH client, arahkan ke menu Settings > Apps dan pilih “Manage optional features” dibawah Apps & features.
(menu setting bisa ditemukan di pojok kiri start menu – icon gear)

Pilih dan klik “Add a feature” , lalu akan muncul daftar list fitur yang dapat diinstal pada windows. Jika sebelumnya kalian telah mamasang SSH client maka akan muncul pada daftar teratas.

Scroll mouse ke bawah hingga menemukan “OpenSSH Client (Beta)”, kemudian klik fitur “OpenSSH Client (Beta)” maka akan muncul pilihan “Install”

Selain OpenSSH client windows 10 juga telah menyertakan OpenSSH server, jika kalian ingin menjalankan SSH server pada PC kalian.

Kalian tinggal menunggu sampai proses pemasangan selesai dan menjalankan SSH client pada terminal windows.

Menjalankan SSH client pada terminal windows

Sekarang setelah berhasil, kalian bisa menggunakan perintah ssh secara langsung pada windows PowerShell maupun Command Prompt window (CMD). Pilih yang kalian suka

Untuk membuka windows PowerShell , klik kanan pada start menu atau dengan shortcut  Windows+X kemudian pilih “Windows PowerShell” dari list menu.

untuk membuktikan bahwa perintah SSH bisa digunakan, ketikan perintah pada terminal :

ssh

Jika kalian tidak mendaptkan hasil seperti gambar diatas, melainkan pesan error “the command isn’t found” , kalian perlu untuk sign out kemudian sign in kembali. Jika tetap belum bisa, cobalah dengan me-restart PC. Seharusnya semuanya berjalan lanjar.

Perintah SSH client yang baru saja kita pasang sama persisi yang biasa kita gunakan pada terminal linux maupun MacOS, dengan menjalankan perintah ssh .Sebagai contoh, untuk terhubung dengan SSH server pada “ssh.example.com” dengan username “bob” :

ssh bob@ssh.example.com

Secara default SSH server berjalan pada port 21, jika ingin menjalankan SSH client dengan “custom port” tambahkan option -p dengan diikuti “custom port”. Sebagai contoh kita akan mengakses server “ssh.example.com” dengan username “bob” dan port 7777 :

As with other SSH clients, you’ll be prompted to accept the host’s key the first time you connect. You’ll then get a command-line environment you can use to run commands on the remote system.

Note : artikel bersumber dari https://www.howtogeek.com/336775/how-to-enable-and-use-windows-10s-built-in-ssh-commands/ dengan beberapa penyesuaian

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.