Pembagian Jenis Access Point

0
4456

[dropcap]A[/dropcap]ccess point dikelompokan menjadi beberapa kategori. Pembagian kategori Access Point bisa dikategorikan berdasarkan fungsi, lokasi, kualitas, jangkauan, dan parameter yang lain. Pada artikel kali ini si cecak akan menjelaskan pembagian access point berdasarkan 2 kategori saja, yaitu fungsi dan lokasi.

Kategori Access Point berdasarkan model lokasi/ penempatanĀ 

  • Outdoor

Access Point model outdoor seperti namanya ditempatkan pada area outdoor/ luar bangunan. Access Point jenis ini biasa digunakan untuk permodelan konektivitas dengan jarak jauh, misalnya untuk pointing dari 1 access point ke access point lain yang dibuat untuk melebarkan/ menangkap sumber internet yang jaraknya jauh. Model access point outdoor memiliki kelebihan dalam rentang radius koneksi, kekuatan sinyal, serta meminimalisir gangguan frekuensi karena di letakan di area outdoor.

Contoh model access point outdoor

access point dikelompokan menjadi beberapa kategori

note : pengalaman si cecak menggunakan access point model outdoor untuk “menembak jaringan wifi” dari kampus ke rumah, karena pengennya gratisan hehehehe

  • Indoor

Model jenis access point yang kedua adalah jenis indoor yang sering kita temui di berbagai pojok akses publik seperti kantor, cafe, masjid, halte, stasiun, dll. Access Point model indoor seperti namanya biasa diletakan di areal ruang tertutup, model indoor menawarkan banyak fitur management user disamping kekuatan sinyal yang tidak kalah dengan model outdoor.

linksys-wireless-n300-with-poe-lapn300-ap-sku00814933_0-20140531104113

Note : access point model indoor untuk bentuknya lebih variatif menyesuaikan dengan design estetika/ keindahan untuk ditempel di atap

Kategori Access Point berdasarkanĀ fungsi

  • Access Point

Access point yang berfungsi hanya sebagai access point saja, model access point 1 fungsi lebih menitik beratkan pada kualitas cover area dan kestabilan sinyal wireless. Model jenis 1 fungsi yang bagus relatif mahal disesuaikan dengan transfer rate maksimum dan kekuatan sinyalnya.

ubiquiti-unifi-access-point-uap-lr-sku01614186_0-20141009100518

  • Access Point + Hub (2 in 1)

Acceess point 2 in 1 (access point + hub) merupakan model access point yang dirancang agar selain berfungsi sebagai access point juga bisa difungsikan sebagai hub untuk kabel jaringan LAN. Access Point model ini biasanya selain menyediakan port untuk internet juga menyediakan tambahan port LAN yang jumlahnya antara 1 -7 tergantung dimensi perangkat.

tp-link-n300-wireless-gigabit-router-with-3x5dbi-detachable-antennas-tl-wr1043nd-black-1

  • Access Point + Hub + Router (3 in 1)

Access point 3 in 1 merupakan model paling populer yang sering ditemui disamping banyak fitur 3 in 1 merupakan perangkat access point yang paling bersaing harganya dibanding dengan membeli perangkat dengan 1 fungsi saja. Seperti namanya model 3 in 1 ini befungsi sebagai access point, hub, serta router (untuk manajemen koneksi data dan user). Perbedaan dengan model 2 in 1 ada pada fungsi routernya yang befungsi sebagai device managetable user.

Demikian untuk artikel tentang “access point dikelompokan menjadi beberapa kategori” sudah si cecak sampaikan panjang lebar di depan, jika ada pertanyaan jangan malu-malu untuk bertanya karena malu bertanya sesat dijalan wkawkakwka.

Salam Cecak šŸ˜€

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.